BERITA

HMPS Tadris IPA Adakan Seminar di Pembukaan GALAKSI 2018

Jember, 01 Maret 2018, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) IAIN Jember menyelenggaran Seminar Publik dengan tema Internalisasi Nilai-nilai Keislaman dalam Sains dan Tehnologi.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang menghadirkan dua Narasumber yakni Zubaidi M.Si yang merupakan pakar di bidang Sains dan Teknologi, sedangkan narasumber yang kedua adalah M. Nor Affandi M.Pd.I sebagai pemateri dalam bidang keislaman yang merupakan dosen di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember.

Ketua HMPS Tadris IPA, Muhammad Anizar Bayhaqi dalam sambutannya mengatakan bahwa Seminar Publik ini merupakan serangkaian acara dalam kegiatan Gebyar Islami Kompetisi Sains (GALAKSI 2018) yang dilaksanakan mulai hari Kamis-Minggu tanggal 01-04 Maret 2018. Galaksi ini terdiri dari berbagai kegiatan yakni meliputi Seminar Publik, Lomba Esai tingkat Mahasiswa se Tapal Kuda, Olimpiade Sains tingkat SMP/MTs se Tapal Kuda dan Lomba Science and Technologi Expo tingkat Mahasiswa.

Opening Galaksi tersebut dilaksanakan pada tanggal 01 Maret pukul 08.00-09.15 WIB di Ruang Auditorium IAIN Jember yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Hafidz, S.Ag., M.Hum, kemudian setelah opening dilanjutkan dengan Seminar Publik yang  membahas tentang “Internalisasi Nilai-nilai Keislaman dalam Sains dan Tehnologi”. Antusias peserta seminar cukup banyak dan bahkan melebihi kuota yang disediakan, yakni diikuti oleh 150 peserta dari mahasiswa IAIN Jember dan 50 peserta Mahasiswa dari kampus lain.

“Kami sengaja melaksanakan seminar tersebut, karena kami rasa telah ada dikotomi antara ilmu pengetahuan (saintek) dengan ilmu agama. Padahal sains dan teknologi itu sendiri sudah dijelaskan di al-Qur’an yang merupakan kitab suci agama islam. Maka perlunya bagaimana dalam dunia sains juga harus berlandaskan al-Qur’an.” Ujar Nizar Bayhaqi selaku Ketua Umum.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut pemateri Zubaidi M.Si, menjelaskan bahwa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan (saintek) itu seharusnya berlandaskan pada prinsip Tauhid. Karena dalam dunia sains lebih cenderung pada pengetahuan sekularisme sehingga dapat mengancam keimanan seseorang, maka lslam lah yang harus di terapkan dalam dunia sains bukan sains yang diterapkan kepada Islam.

Share it
HMPS Vektor Tadris IPA IAIN Jember
Berdiri : 05 Mei 2017 HMPS Tadris IPA IAIN JEMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *