BERITA

HMPS Tadris IPA Laksanakan Kegiatan Olimpiade Sains tingkat SMP/MTs se Tapal Kuda

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) IAIN Jember menggelar Olimpiade Sains tingkat SMP/MTs se Tapal Kuda dalam acara GALAKSI 2018 (Gebyar Islami KOmpetisi Sains), yang mana Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari sabtu, 03 Maret 2018 di gedung G kampus IAIN Jember.

Olimpiade Sains ini diikuti oleh lebih dari 150 siswa siswi SMP dan MTs dari kota Jember, Bondowoso, Lumajang, Banyuawangi, Situbondo, Probolinggo dan Pasuruan. Kegiatan Olimpiade ini merupakan serangkaian dari acara GALAKSI 2018 tema “Optimalisasi Insan Cendekia, kreatif dan Inovatif”.

Ketua panitia, Imam S. Arifin mengatakan bahwa olimpiade tersebut merupakan agenda dari bidang Keilmuan di HMPS Tadris IPA yang merupakan kegiatan tahunan yang sudah dirancang sekitar empat bulan yang lalu. Hal tersebut merupakan kegiatan berbasis pengabdian yang merupakan salah satu kontribusi mahasiswa dalam mengembangkan potensi anak-anak didik bangsa di tingkat SMP dan MTs, diharapkan dengan adanya ajang olimpiade ini para siswa mampu mengembangkan potensinya di bidang IPA baik itu kimia, fisika dan biologi.

Olimpiade sains tersebut di mulai pukul 07.00 sampai pukul 16.30 yang mana terdiri dari tiga babak, yakni babak penyisihan, babak semifinal dan babak final dengan sistem cerdas cermat dan adu cepat. Pada babak penyisihan tersebut diambil 20 peserta untuk masuk ke babak semifinal, dan di babak semifinal diambil 5 peserta untuk masuk ke babak final. Al hasil olimpiade tersebut di menangkan oleh Belia Nur Maulida salah seorang peserta dari SMPN 2 Jember Sebagai juara pertama. Juara kedua diraih oleh Wulan Maulani dari SMP Bustanul Makmur Banyuwangi dan juara ketiga diraih oleh Emilda Putri salah satu peserta dari SMP Banyuwangi sedangkan juara harapan 1 dan 2 di raih oleh peserta dari SMPN 2 Jember dan SMPN 1 Genteng.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan di tutup oleh ketua HMPS Tadris IPA IAIN Jember, Muhammad Anizar Bayhaqi. Dalam sambutannya ia juga mengatakan bahwa “kegiatan seperti ini janganlah dijadikan ajang untuk mencari gelar ataupun uang, namun bagaimana kita mampu mengembangkan potensi yang ada di diri kita untuk kemajuan bangsa kedepannya.”

Share it
HMPS Vektor Tadris IPA IAIN Jember
Berdiri : 05 Mei 2017 HMPS Tadris IPA IAIN JEMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *