PROFIL SEJARAH

Profil Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris IPA IAIN Jember

1. SELAYANG PANDANG

Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam atau yang disingkat dengan HMPS Tadris IPA adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang berada di bawah naungan Program Studi (Prodi) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Sebagai mana namanya, organisasi ini menghimpunan mahasiswa di Prodi, khsusunya program studi Tadris IPA. Dalam pelaksanaan program kerja, HMPS Tadris IPA sebagai organisasi yang berdiri di bawah Prodi sains, maka program kerjanya dilandaskan pada pengembangan mahasiswa di bidang sains yang berasaskan Islam Nusantara. Maka secara garis besar, HMPS Tadris IPA mengemban amanah untuk mempersiapkan mahasiswa Prodi Tadris IPA dari sisi non-akademik menjadi tenaga pendidikan yang professional, tentunya dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dan sains.

Dibandingkan dengan Prodi yang lain, HMPS Tadris IPA tergolong sebagai organisasi yang masih baru. Dalam sejarahnya, HMPS Tadris IPA berdiri pada tanggal 14 September 2016, yang diketuai oleh Muhammad Anizar Baihaqi. Namun, pada tanggal tersebut HMPS Tadris IPA, serta prodi-prodi baru lainnya belum mendapatkan SK resmi dari kampus. Jadi, pada tanggal 14 September 2016 tersebut HMPS Tadris IPA hanya dilantik oleh DEMA-I (sekarang BEM-I).

Selanjutnya, sebagai persyaratan untuk bisa diresmikan oleh kampus, maka semua HMPS yang baru diberikan masa percobaan selama kurang lebih 3 bulan. Dalam masa percobaan itu, setiap HMPS diwajibkan untuk menyelenggarakan minimal satu kegiatan, sebagai tolok ukur bahwa HMPS baru tersebut benar-benar siap, serta sebagai syarat proses devinitif.

Di periode yang pertama ini, kepengurusan HMPS Tadris IPA terdiri dari: Badan Pengurus Harian dan Bidang-Bidang, di antaranya: Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom), Bidang Sumber Daya Mahasiswa (SDM), dan yang terakhir Bidang Keilmuan.

Pada hari Jum’at, tanggal 29 Desember 2018, semua pengurus HMPS Tadris IPA mengadakan rapat untuk persiapan acara yang akan dilaksanakan setelah liburan semester ganjil, karena pada hari tersebut merupakan hari terakhir pelaksanaan UAS semester ganjil. Rapat dipimpin oleh Ketua HMPS, Muhammad Anizar Baihaqi.

Selama masa percobaan tersebut, HMPS Tadris IPA menyelenggarakan beberapa kegiatan, yakni salah satunya adalah Seminar Motivasi yang yang bertema “Mencetak Generasi Saintis ber-Integrasi Islami”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 18 Maret 2017, serta sebagai narasumber adalah Dinar Maftukh Fajar, S.Pd., M.PFis. dan Fathiyatur Rahma, M.Ag. Kegiatan lainnya seperti kajian keilmuan yang dibuka bersama dosen-dosen Tadris IPA serta pembahasan kurikulum Tadris IPA bersama Kaprodi, Abdul Rahim, S.Si., M.Si (sekarang Dr. Andi Suhardi, ST., M.Pd.). Serta yang terakhir adalah penerbitan Buletin Atoms.

Oleh karena itu, maka HMPS Tadris IPA sudah bisa dikatakan layak, karena sudah memenuhi persyaratan. Dan pada bulan Maret 2017, SK diajukan. Tepatnya tanggal 11 April 2017 SK turun. Berikutnya, HMPS Tadris IPA membentuk kepanitiaan untuk pelanatikan. Dan pada hari Jum’at tanggal 5 Mei 2017 pelatikan dilaksanakan di Gedung Teater IAIN Jember. Saat itu yang melantik adalah Kaprodi Tadris IPA yang diwakili oleh Dinar Maftukh Fajar, S.Pd., M.PFis.

Selanjutnya, setelah resmi menjadi bagian dari Republik Mahasiswa (RM) IAIN Jember, HMPS Tadris IPA akan melaksanakan Rapat Kerja (Raker). Sebelum pelaksanaan Raker, para pengurus banyak mengadakan rapat untuk membahas tentang program yang akan dilaksanakan selama satu periode, baik secara umum maupun tiap bidang. Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada beberapa pengurus tambahan di HMPS, serta ada beberapa pengurus yang di-rolling ke bidang lain.

Pada hari Rabu, tanggal 17 Mei 2017 HMPS Tadris IPA melaksanakan Raker yang bertempat di Taman Botani Sukorambi, Jember. Raker tersebut menghabiskan waktu satu hari dan dihadiri oleh para pengurus DEMA-FTIK dan SEMA-FTIK (sekarang DPM). Dalam hal ini, HMPS Tadris IPA termasuk HMPS yang pertama kali melaksanakan Raker dibandingkan HMPS lainnya di FTIK.

HMPS Tadris IPA pada periode pertama ini (2017/2018) yang dipimpin oleh Muhammad Anizar Baihaqi mulai menjalankan program. Tentu, yang terpenting adalah karena termasuk HMPS yang baru terbentuk, maka HMPS perlu unjuk diri agar bisa dikenal dan diketahui keberadaannya oleh publik, khususnya bagi mahasiswa Tadris IPA sendiri.

Muhammad Anizar Baihqi dan M. Darwis Andi Mukhtarom berangkat ke Semarang untuk menghadiri acara Pleno Nasional (Plenas) Forum Mahasiswa Pendidikan IPA (Formipa) seluruh Indonesia, tepatnya di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Melalui acara itu, HMPS Tadris IPA diresmikan sebagai anggota baru dalam Formipa Indonesia. Hal itu menjadi langkah awal bagi HMPS Tadris IPA, dengan menjalin kemunikasi dengan mahasiswa Pendidikan IPA seluruh Indonesia.

Selama satu periode ini, HMPS Tadris IPA telah melaksanakan programnya sebagaimana layaknya HMPS yang lain. Seperti, sebagai kegiatan pembuka, yakni berkah Ramadhan, yang dilaksanakan oleh bidang Litbang. Kegiatan ini dikemas dengan Khatmil Qur’an dan buka bersama. Forum Silaturahmi Mahasiswa IPA (Forsimapa) yang dilaksanakan oleh bidang Infokom bertempat di Teluk Love, Ambulu, Jember. Serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Sebagai kegiatan paripurna, HMPS Tadris IPA melaksanakan kegiatan yang tergolong besar, yakni Gebyar Islam Kompetisi Sains (Galaksi) 2018, yang diketuai oleh Imam S. Arifin. Kegiatan Galaksi ini dilaksanakan di kampus kegiatan IAIN Jember selama beberapa hari, yakni dari hari Kamis sampai hari Minggu, tepatnya tanggal 1-4 Maret 2018. Dalam kegiatan Galaksi ini ada beberapa agenda, yakni Seminar dan Lomba-Lomba: Lomba Essay (tingkat mahasiswa se-Jember), Lomba Science and Technology Expo (tingkat mahasiswa se-Tapal Kuda), dan Olimpiade Sains (tingkat SLTP se-Tapal Kuda).

Selanjutnya, HMPS Tadris IPA melaksanakan Musyawarah Mahasiswa (Musma) untuk yang pertama kali, yakni pada hari Sabtu, tanggal 19 Mei 2018, bertempat di gedung C lantai 2. Dan pen-demisioner-an kepengurusan dilaksanakan saat itu juga, oleh ketua umum DPM-FTIK, Nuril Ida Imamah.

Pada hari Rabu, tanggal 30 Mei 2018 dilakukan Pemilu Raya RM FTIK secara serentak, maka terpilihlah Imam S. Arifin sebagai Ketua HMPS Tadris IPA periode 2018/2019 dan Nofal Fajri Hamdani sebagai wakil ketua.

 

2. VISI DAN MISI

VISI:

Mewujudkan HMPS Tadris IPA sebagai wadah pengembangan ilmu-ilmu sains berintegrasi Islam dalam menciptakan mahasiswa Tadris IPA yang aktif, kreatif, dan progresif, serta mampu bersaing di kancah nasional dan internasional.

 

MISI:

  1. Menjadikan Islam Nusantara sebagai landasan dalam melaksanakan kegiatan
  2. Menjadikan HMPS sebagai wadah serap aspirasi mahasiswa Tadris IPA
  3. Membangun relasi yang baik di kalangan di internal maupun eksternal
  4. Mengoptimalkan fungsi organ taktis yang ada di bawah naungan HMPS Tadris IPA
  5. Menghimpun potensi mahasiswa Tadris IPA serta mengembangkannya melalui berbagai kegiatan

 

3. PERIODEISASI KETUA DAN WAKIL KETUA

No Periode Ketua Wakil Ketua
1 2017-2018 Moh. Anizar Baihaqi Andi Abdillah
2 2018-Sekarang Imam S. Arifin Nofal Fajri Hamdani

 

Share it
HMPS Vektor Tadris IPA IAIN Jember
Berdiri : 05 Mei 2017 HMPS Tadris IPA IAIN JEMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *